Saturday, December 19, 2009

Kontribusi Koperasi Terhadap Perkembangan UMKM

Koperasi memiliki kaitan yang penting bagi perkembangan usaha mikro kecil dan menengah karena koperasi merupakan salah satu badan usaha penggerak perekonomian rakyat. Walaupum disamping UMKM dan koperasi ada banyak sektor usaha lain seperti BUMN dan swasta, namun disini mereka tetap menjadi pegangan usaha terutama bagi perekonomian rakyat kecil. Pemberdayaan koperasi dan UMKM dapat dilakukan melalui :
  • revitalisasi peran koperasi dan perkuatan posisi UMKM dalam sistem perkonomian nasional
  • revitalisasi koperasi dan perkuatan UMKM dilakukan dengan
    m emperbaiki akses KUMKM terhadap permodalan, teknologi, informasi dan pasar serta memperbaiki iklim usaha
  • mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya pembangunan, dan
  • mengembangkan potensi sumberdaya lokal
Namun, dalam laporan resmi Kementriana koperasi dan UKM tahun 2005 menyebutkan bahwa Peranan Usaha Kecil Menengah dalam penciptaan nilai tambah di tahun 2004 lebih rendah dibandingkan peranan UKM di tahun 2003. Usaha Kecil turun dari 41,07 persen pada tahun 2003 menjadi 40,36 persen pada tahun 2004 dan Usaha Menengah penurunan tidak terlalu significan yaitu dari 15,6 persen menjadi 15,51 persen. Pada tahun yang sama Peranan Usaha Besar semakin bertambah dari 43,33 persen pada tahun 2003 menjadi 44,12 persen pada tahun 2004. Dari data yang disebutka terlihat bahwa UMKm mengalami penurunan, namun tidak terlalu signifikan.
Usaha mikro dan kecil umumnya memiliki keunggulan dalam bidang yang memanfaatkan sumberdaya alam dan padat karya, seperti : pertanian tanaman pangan, perkebunan, peternakan, perikanan, perdagangan, dan restoran. Usaha menengah memiliki keunggulan dalam penciptaan nilai tambah di sektor hotel, keuangan, persewaan, jasa perusahaan, dan kehutanan. Usaha besar memiliki keunggulan dalam industri pengolahan, listrik dan gas, komunikasi, dan pertambangan. Hal ini membuktikan usaha kecil menengah, dan usaha besar di dalam praktek bisnisnya saling melengkapi.

Koperasi dan UMKM mempunyai posisi yang strategis untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat. Sebagai salah satu wadah usaha bersama bagi produsen dan konsumen, koperasi diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan perekonomian rakyat, sekaligus memperbaiki kondisi persaingan usaha yang sehat di pasar. Sementara itu, UMKM juga berperan dalam penyediaan lapangan pekerjaan, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dan meratakan tingkat pendapatan rakyat. Bersamaan dengan itu adalah meningkatnya daya saing dan daya tahan ekonomi nasional.
Sasaran umum pemberdayaan koperasi dan UKM pada tahun 2004-2009 yaitu :
  1. Meningkatnya produktivitas UMKM dengan laju pertumbuhan lebih tinggi dari laju pertumbuhan produktivitas nasional.
  2. Meningkatnya proporsi usaha kecil formal.
  3. Meningkatnya nilai ekspor produk usaha kecil dan menengah dengan Iaju pertumbuhan Iebih tinggi dari laju pertumbuhan nilai tambahnya.
  4. Berfungsinya sistem untuk menumbuhkan wirausaha baru berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Meningkatnya kualitas kelembagaan dan organisasi koperasi sesuai dengan jatidiri koperasi.

Koperasi dan UMKM juga memiliki tantangan terutama yang ditimbulkan oleh pesatnya perkembangan globalisasi ekonomi dan liberalisasi perdagangan bersamaan dengan cepatnya tingkat kemajuan teknologi.

Secara umum, perkembangan koperasi dan UMKM dalam tahun 2006 diperkirakan masih akan menghadapi masalah mendasar dan tantangan , yaitu rendahnya produktivitas, terbatasnya akses kepada sumber daya produktif, rendahnya kualitas kelembagaan dan organisasi koperasi, dan tertinggalnya kinerja koperasi.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah kontribusi koperasi pada UMKM hingga saat ini belum maksimal karena masih memiliki tantangan yang cukup berarti, dan jumlah sektor yang masih kalah jauh dari UMKM juga membuat koperasi belum bisa memajukan usaha mikro ,kecil dan menengah. Namun, untuk kedepannya diharapkan peran koperasi bisa lebih dimaksimalkan lagi demi terwujudnya ekonomi rakyat yang maju dan berkembang.

1 comment:

  1. blog yang sangat bagus dan informasi yang sangat menarik.
    thanks

    ReplyDelete